Friday, February 21, 2014

Negara Bagian New York dan New York City

Amerika Serikat(AS)  meliputi 50 negara bagian (state), salah satu di antaranya ialah negara bagian New York NY), yang berada di wilayah timur laut AS. Negara bagian NY memiliki luas wilayah 141.300 km2, dengan jumlah penduduk 19,6 juta jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduk mencapai 159 jiwa/km2 (bandingkan dengan Provinsi Jawa Barat yang memiliki luas wilayah 35.245 km2, dengan jumlah penduduk 43,1 juta jiwa, dengan kepadatan penduduk 1.223 jiwa/km2).


Sekitar 72 persen penduduk berbicara dalam bahasa Inggris, 14 persen dalam bahasa Spanyol, dan 14 persen lainnya dalam berbagai bahasa. Ibukota  negara bagian NY ialah Albany, terletak di Capital District Region.

Wilayah NY berbatasan dengan Danau Ontario dan Danau Erie di sebelah barat, negara bagian New Jersey dan Pennysilvania di sebelah selatan, negara Kanada di sebelah utara, serta negara bagian Vermont, Massachusetts dan Connecticut di sebelah timur.

NY meliputi 10 region (setingkat provinsi ?) yang meliputi :


Western New York
Finger Lakes
Southern Tier
Central New York
North Country
Mohawk Valley
Capital District
Hudson Valley
New York City
Long Island

Negara bagian NY bisa dijelajah lebih lanjut melalui www.ny.gov (situs resmi pemerintah), iloveny.com (situs resmi pariwisata)  dan en.wikipedia.org/New_York.   



Ternyata New York City merupakan satu dari 10 region yang berada di negara bagian NY.  New York City memiliki luas wilayah 1.213 km2, meliputi 784 km2 daratan dan 419 km2 perairan. Jumlah penduduk New York City mencapai 8,3 juta jiwa (tahun 2012). Adapun New York City meliputi lima county (setingkat kota/kabupaten ?) yaitu New York County (Manhattan), Kings County (Brooklyn), Bronx di County (The Bronx), Richmond di County (Staten Island), dan Queen County (Queens).

New York City meliputi lima tiga wilayah yang terpisah oleh laut, yaitu New York County dan Bronx County berada di sebuah teluk yang menyatu dengan benua Amerika; King County dan Queen County berada di  Long Island (adapun bagian barat dari Long Island merupakan region tersendiri); dan Richmond di County berada di Staten Island.

Jelajah New York City :

View Larger Map 

Penduduk New York City dikenal sebagai New Yorker, lebih jauh tentang kota ini silahkan kunjungi www.nyc.gov (situs resmi Pemkot) dan iloveny.com/new-york-city (situs resmi pariwisata). (Atep Afia)




















(klik perbesar)

Sumber Gambar :

http://en.wikipedia.org/wiki/New_York
http://www.sognandonewyork.com/
http://www.mapsofworld.com/

No comments:

Post a Comment